Wednesday 28 March 2018

Elemen Komunikasi Politik

Hubungan antara organisasi politik, media dan warganegara digambarkan McNair 

Melihat diagram di atas, sejatinya feed back atau umpan balik dari citizen kepada
aktor politik melalui media adalah sebuah keniscayaan. Namun dalam kenyataannya,
agenda media sering disusun berdasarkan kepentingan pemerintah selaku pemilik kapital.
Sementara agenda publik yang muncul melalui feed back, yang secara teoritis akan
mempengaruhi agenda media, menjadi terabaikan
.
Warganegara merupakan target sasaran yang hendak dipersuasi oleh para aktor
politik (dalam hal ini pejabat pemerintah termasuk di dalamnya). Sementara media dalam
proses ini berfungsi sebagai transmitter antara pejabat pemerintah dengan citizens.
Keberadaan media mempunyai pengaruh besar mulai dari level konstruksi peristiwa dan
subjektivitas oleh jurnalis, kebijakan media, sampai pada faktor kapital yang bermain di
belakang media.

Proses komunikasi politik ini bersifat esensial bagi para kandidat perempuan yang
sedang berusahan bersaing dengan puluhan ribu kandidat yang lain. Oleh karenanya, untuk
memenangkan persaingan yang ada diantara para kandidat, maka media massa sangat
penting digunakan, disamping unsur-unsur komunikasi politik lainnya sebagaimanha yang
dijelaskan oleh Briang McNair. Komampuan komunikais para kandidat poerempuan dalam
proses pencalonan atau kampanye menuju pemilihan anggota parlemen merupakan salah
suatu faktor dominan yang menentukan bagaimana aktivitas politik mereka diketahui,
dikenal dan disukai oleh khalayak pemilih, serta mampu membentuk opini publik dan
kepercayaan masyarakat atas apa yang mereka kampanyekan.

Sumber :
Komunikasi Pemasaran Politik 
Dr. Heri Budianto, M.Si
Download PDF

No comments:

Post a Comment

Apa itu COPYRIGHT / Hak Cipta ?

p engertian hak cipta sendiri menurut Wikipedia ialah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penu...